Sinopsis Sinetron The Great Queen Seon Deok Episode 51

kadorama-recaps

kadorama-recaps

Deok Man terisak atas kepergian Mi Shil. Bi Dam meninggalkan tempat itu untuk menenangkan diri, Al Cheon heran apa yang dilakukan Bi Dam disini, tapi Bi Dam pergi dengan cepat, Deok Man mengejarnya dan memanggil Bi Dam. Yu Shin tanya ada apa, Deok Man minta Yu Shin dan Al Cheon membawa Bi Dam kepadanya. Yu Shin heran, Deok Man berkata ada yang harus kubicarakan dengannya. Deok Man berteriak agar mereka menahan Bi Dam untuknya. Yu Shin mengejar Bi Dam. Bi Dam pergi dengan kuda dan Yu Shin mengejar.

Seol Won menemui Deok Man, ia bersama Jujin dan Kim Seo Hyun. Deok Man tanya selain Daeya, apa semua pasukan disekitarnya sudah dilucuti senjatanya, Seol Won meyakinkan Deok MAn. Deok Man memerintah Jujin mengambil alih Benteng Daeya. Jujin mengerti. Deok Man minta Kim Seo Hyun mengumpulkan pasukan di sekitar daerah itu dan setiap cek poin. Kim Seo Hyun pergi dengan Seol won Rang. Deok Man berkata mulai saat ini pemerintahan dan administrasi di Daeya akan diberikan pada Kim Chun Chu.

Kim Chun Chu tanya apa yang terjadi dengan Mi shil. Deok Man berkata Mi shil mengakhiri hidupnya, sekarang Jujin dan Kim Seo Hyun mengumpulkan semua pasukan. Kim Chun Chu dan Al Cheon akan bertanggung jawab pada benteng dan semua hal mengenainya. Kim Chun Chu tanya apa yang akan dilakukan Deok Man. Deok Man : Aku harus bertemu Bi Dam.

Bi Dam lari dan Yu shin mengejarnya. Yu Shin dapat memotong jalan Bi Dam dan saling berhadapan dan tanya mengapa Bi Dam seperti ini. Bi Dam terus berjalan, Yu Shin menghentikannya dan berkata Putri Deok Man ingin berbicara dengan Bi Dam, Yu shin tanya apa yang sebenarnya terjadi. Bi Dam berjalan lagi dan Yu shin menahannya dan mereka hampir bertempur. Bi Dam sudah menghunus pedangnya, tepat saat Putri Deok Man datang dengan kuda. Bi Dam terkejut karena Deok Man datang tiba2.

Deok Man : Kau bohong padaku!

Deok Man bertanya, malam itu waktu ia minta Bi Dam jujur padanya mengapa ia bohong. Deok Man sudah mempercayai Bi Dam.

Deok MAn minta Bi Dam menjawabnya sekarang, apa hubungan yang dimiliki antara Bi Dam dengan Mi Shil? Deok Man minta Bi Dam bicara dan akan mempertimbangkannya. Bi Dam tidak peduli dan jalan pergi, kali ini Deok Man yang menghentikannya. Bi Dam memandang Deok Man kemudian pergi dan melewati lengan Deok Man. Yu shin akan mengejarnya tapi Deok Man berkata untuk menunggu, ia akan bicara pribadi dengan Bi Dam. Deok Man mengejar Bi Dam.

Kim Chun Chu mengabarkan kematian Mi shil pada keluarga Mi Shil. semua shock. Ha Jong sangat sedih atas kematian ibunya. Mi saeng tidak percaya kakaknya berakhir dengan cara demikian. Kim Chun Chu berkata Putri Deok Man sudah memerintah untuk melepas Mi Shil pada keluarganya dan agar mereka melakukan semua persiapan yang diperlukan. Ha jong tanya dimana ibunya sekarang, AL Cheon berkata ada di kediaman Komandan. Ha Jong dan Bo Jong segera pergi. Se Jong dan Mi saeng hanya bisa terjatuh di kursinya dengan putus asa dan menangisi Mi Shil.

Deok Man dapat menyusul Bi Dam dan berkata mereka perlu bicara sekarang. Deok Man sudah berkata sebelumnya, ini sangat menentukan hubungan mereka di masa mendatang. Deok MAn : Kau berkata kau tidak memiliki hubungan apapun dengan Mi shil, tapi sekarang kau menangis karena kematiannya. Jika kau tidak mengatakan yang sebenarnya, hubungan kita berakhir di sini. Deok Man minta agar Bi Dam berkata sebenarnya. Apa alasan BI Dam menangis karena kematian Mi shil. Saat Mi shil akan memberontak, mengapa Mi shil mengirimmu pergi untuk beberapa hari jauh dari ibukota. Keputusan Mi Shil untuk menjadi Raja, apa hubunganmu dengan Mi Shil. Deok Man menarik baju perang Bi Dam dan menggoncang2 tubuh Bi Dam, Deok Man menuntut penjelasan.

Bi Dam : Ia ibuku..ia adalah ibuku.

Deok Man shock atas pernyataan Bi Dam. Bi Dam menjelaskan, Mi Shil adalah wanita yang melahirkannya. Deok Man tidak tahu apa yang akan dilakukannya.

Anak buah Kim Seo Hyun minta Chil Sook melucuti senjata mereka. Dia disini untuk mengambil alih. Chil Sook tanya apa Seju tidak apa2. Komandan itu diam, Seok Bum berteriak, Chil Sook sudah bertanya dan ia harus menjawab. Komandan itu berkata Mi Shil meninggal dunia. Seok Bum tidak percaya. Seluruh Pasukan menangis sedih. Seok Bum tanya bagaimana ia meninggal,Komandan : Se Ju mengakhiri hidupnya sendiri. Jika mereka ingin tahu detilnya, mereka harus pergi ke Daeya. Seok Bum melepas senjatanya dan pedangnya. Chil Sook menghunus pedangnya dan memotong leher Komandan yang langsung jatuh dan mati. Pasukan Chil Sook mengangkat senjatanya. Chil Sook berkata pada pasukannya, ia tidak akan pernah mengikuti perintah mereka. (Tirza : Chil Sook sengaja, karena ia hanya bisa hidup utk Mi Shil dan ia ingin mati menyusul So Hwa dan Mi shil..Chil Sook ingin mati..)

kadorama-recapskadorama-recaps

Deok Man masih mencerna, bagaimana Mi shil bisa menjadi ibu Bi Dam. Bi Dam berkata, ia juga sama, ini bukan yang ia inginkan atau harapkan bahwa ia adalah keturunan Raja Jinji yang sudah diturunkan dan Mi Shil…anak mereka..Bi Dam menjelaskan setelah ibunya menurunkan Raja Jinji karena keinginannya menjadi permaisuri gagal, ibunya merasa ia sudah tidak berguna lagi untuk Mi Shil, maka ia dibuang oleh Mi Shil tanpa rasa bersalah atau penyesalan. Kemudian Moon Noh membesarkan dirinya.

Deok Man tanya bagaimana ini dapat terjadi. Bi Dam berkata ada saatnya ia menemukan kebenarannya sendiri, tapi bahkan Mi Shil disaat terakhir hidupnya tidak pernah mengakuinya sebagai anaknya, tapi kemudian Deok Man terus bertanya apa hubungan antara dirinya dan Mi Shil, Bi Dam harus memberikan jawaban yang pasti padanya. Bi DAm berkata ibu kandungnya saja tidak mengakuinya sebagai keturunannya, lalu aku ini apa? Apa hakku untuk mengaku bahwa aku adalah putra Mi Shil, jika ia tidak diakuinya. Bi Dam menjelaskan saat Mi shil akan memberontak, Bi Dam tanya mengapa Mi Shil tidak membunuhnya tapi justru mengirimnya pergi, keputusannya membingungkan Bi Dam, lebih baik jika MI Shil membunuhku. Ini akan menjadi solusi yang lebih mudah dan ia akan merasa lebih lega dari sebelumnya dan ia dapat menerimanya daripada sekarang, justru membuatnya menderita dan susah.

kadorama-recaps

Chil sook berkata pada pasukannya, ini adalah saat pertama dan terakhir kalinya ia melanggar perintah Mi shil, disamping keinginannya di saat terakhir hidupnya, ia akan melaksanakan perintah Mi Shil yang tidak pernah bisa dilakukannya. Ia akan melakukan sekarang. Chil Sook berkata ia akan membunuh Deok Man, itu adalah perintah yang diberikan Mi shil padanya. Pedang Chil sook masih ternoda darah segar.

Chil Sook minta Seok Bum untuk membawa pasukan kembali ke barak. Chil sook berkata ini saatnya dia akan menemui ajalnya dan minta Seok Bum menguburnya. Chil Sook bersumpah kali ini ia tidak akan gagal bertemu dengan ajalnya. Chil Sook berkata ia akan melakukan ini sendirian dan meneruskan pemberontakan ini..Seok Bum tidak setuju, tidak Chil Sook tidak boleh melakukannya. Chil Sook tanya apa..Seok Bum berkata ini akan dikenal dengan pemberontakan Chil Sook dan Seok Bum dan mereka akan melakukan ini bersama demi kehormatan.

Deok MAn tanya mengapa Bi Dam tidak pernah menceritakan ini padanya. Deok Man berkata Bi Dam tidak perlu malu karena sudah dibuang dan dia akan menyimpan ini, ini benar2 tidak disukainya. Deok Man berkata tapi bagaimanapun, Bi Dam paling tidak harus menceritakan ini padanya. Bi Dam berkata jika ia mengatakannya, dan menceritakannya..akibatnya ia akan menjadi orang yang tidak akan dipercaya atau akan dipakai lagi oleh Deok Man. Deok Man mendekat dan membelai rambut Bi Dam dan menarik Bi Dam ke pelukannya dan berkata pasti sangat berat untuk Bi Dam dan sulit untuk hatinya. Bi Dam ragu2 tapi perlahan ia memeluk Deok Man.

kadorama-recapskadorama-recaps

Seok Bum menyerang Wyol Ya dan Al Cheon di gerbang benteng Daeya, Wyol Ya minta Seok Bum berhenti. Al Cheon berkata semua sudah selesai dan berakhir, apa kau tidak sadar?. Seok Bum berteriak pada anak buahnya yang setia bahwa hari ini akan menjadi kebenaran Hwa Rang di masa depan. Seok Bum menyerang dan kedua pasukan terlibat pertempuran. Seok Bum dan Al Cheon bertempur. Al Cheon berkata untuk mengikuti perintah Mi Shil dan mengapa ia harus kehilangan nyawanya. Seok Bum berkata karena kebaikan Mi Shil maka ia menjadi Hwa RAng, demi Mi Shil dan tanggung jawab sebagai Hwa RAng bukankah ini kematian yang terhormat.

Al Cheon tanya apa Seok Bum akan benar2 mempertaruhkan nyawanya untuk kematian terhormat ini. Seok bum berkata mereka juga melakukan hal yang sama, mereka akan mengorbankan nyawanya demi orang yang mereka layani. Al Cheon berhasil mengalahkan dan menahan Seok Bum dengan ujung pedangnya dan minta anak buah Seok Bum untuk menjatuhkan pedang mereka dan menyerah. Seok Bum berhenti dan dilucuti senjatanya.

Al Cheon sadar Chil Sook tidak berada diantara mereka. Seok Bum berkata ia sudah menyelesaikan apa yang harus ia lakukan. Seok Bum mengambil pedang Al Cheon dan memotong lehernya dan jatuh ke tanah..mati. Anak buah Seok bum menangisinya. (oh no..kuharap Dae Nam Bo tidak melakukan hal yang sama..tp Bo jong aja ngga ya..)

Al Cheon sadar putri Deok Man mungkin ada dalam bahaya. Bi Dam dan Deok Man berjalan kembali saat Chil Sook datang dan berkuda diantara mereka. Bi Dam berhasil mendorong Deok Man minggir dan menghindari pedang Chil Sook. Chil Sook turun dan mengejar Deok Man, Bi Dam menghalangi tapi ia bukan tandingan Chil Sook, Chil Sook berhadapan dengan Deok Man yang tidak bersenjata. Kemudian tiba2 Kim Yu shin datang dan menembakkan panah ke arah Chil Sook. Chil Sook berhasil menghindarinya, Yu shin menghunus pedangnya tapi Chil Sook berhasil membuat Yu Shin jatuh dari kudanya. Kim Yu shin dan Bi Dam melindungi Deok Man, Chil Sook sudah gelap mata, ia ingin membunuh Deok Man. Yu shin dan Bi Dam bukan tandingan Chil Sook. Yu Shin terus membuat Chil Sook sibuk agar Bi Dam dapat membunuhnya, tapi Chil Sook berhasil lolos, tapi Chil Sook mengambil pedang Yu Shin dan Bi Dam dan menuju ke arah Deok MAn, Yu Shin dan Bi Dam menghalanginya, Chil Sook mengambil pedang mereka dan menikamkannya ke tubuhnya sendiri. Yu Shin dan Bi Dam kaget dengan tindakan Chil Sook. Chil Sook menarik pedang dari dalam tubuhnya dan berteriak lalu jatuh dan dalam nafas terakhirnya, Chil Sook berkata pada Deok Man bahwa ini akhir untuknya, So Hwa, dan Deok Man.

Chil Sook : Ini..akhirnya..dapat mengakhirinya..akhirnya berakhir..Deok Man..aku..So Hwa
Chil Sook meninggal.

Deok MAn pada dirinya; Ini benar2 dan akhirnya berakhir..Mi Shil.

Deok Man rapat dengan kabinetnya. Mereka sudah mengumpulkan semua kekuatan Mi Shil dibawah komando mereka. Kim Chun Chu berkata mereka sudah menyerah. Se Jong, Seol Won Rang, Mi Saeng, Ha Jong, bersama Dae Nam Bo (fiuh..lega) dibawa kembali ke Seorabeol. Deok Man berkata mereka harus mempercepat urusan di sini dan kembali ke ibukota.

Kasim kepala datang dengan berlari berkata Raja Jinpyeong ..Deok MAn takut dan ia berkuda kembali ke Seorabeol. Deok MAn masuk ke kediaman ayahnya dan memanggilnya. Raja sadar setelah beberapa kali dipanggil Deok MAn.

Deok Man : ini saya Deok Man.

Raja mengulurkan tangan ke arah Deok Man yang menggenggamnya erat. Deok Man minta ayahnya cepat sembuh karena Mi Shil sudah berakhir dan minta Raja agar sembuh.

Raja Jinpyeong : Ya..dunia sekarang..sudah menjadi eramu.
Deok Man : Yang Mulia
Raja : Urusan ku dan Mi shil yang belum selesai yang belum ditentukan kalah dan menang, jadi kami akan bertemu di dunia lain untuk bertempur dengannya. Ada Cheon Myeong disana yang akan membantuku.
Deok MAn ; Yang Mulia
Raja : Aku minta maaf…anakku
Raja berjuang dengan nafasnya

Deok Man : Yang Mulia…Ayah!!..Ayah!!
Raja sadar lagi setelah berjuang keras..
Raja : Impian yang mustahil itu…impian ini..akan kuserahkan dan keberikan padamu untuk dicapai..Apa kau dapat melakukannya?
Deok Man : Ayah..!!
Raja : Jadilah penguasa atas Unifikasi 3 Negara..

Raja Jinpyeong mangkat.

Deok Man terus memanggil ayahnya dan tidak ada jawaban, Deok MAn dan Ratu Maya menangisi kepergian Baginda Raja Jinpyeong (Raja ke-26 Dinasti Silla)

Deok Man memimpin upacara penguburan Raja Jinpyeong di kuil Istana. Semua berduka, Semua kehilangan orang yang dicintai, pihak Mi shil dan pihak Deok Man sama. Mi saeng berkata di depan altar Mi shil, bagaimanapun, Mi shil adalah tetap kakaknya dan menangis bagaimana mereka bisa melakukan ini pada Mi shil. Se Jong : Apa yang akan terjadi pada kita setelah kau pergi. Ha Jong menangis sambil memegang kaca milik ibunya.

Kim Yong Chun berkata pada hari ke-2 setelah penguburan, mereka akan melangsungkan pengangkatan dan penobatan Deok Man. Kim seo hyun berkata sebelum pengangkatan Deok Man harus menyelesaikan urusan dengan pihak Mi shil. Kim Yong Chun berkata karena negara berkabung, mereka masih menjadi tahanan rumah. Setelah ini mereka akan dipindah ke kementrian pertahanan. Kim Chun Chu berkata mereka harus dieksekusi di depan publik untuk mengembalikan dasar negri ini. Deok Man tidak setuju, ia tidak ingin melakukannya. Anak buah Deok Man melihatnya. Deok Man : aku tidak akan menghukum mereka.

HA jong marah melihat Bi Dam datang ke kediaman Mi Shil. Ha Jong mencoba melempar Bi Dam keluar dari ruangan dan teriak untuk segera keluar. Ha Jong menarik kerah baju Bi Dam. Seol Won keluar, Ha jong melepaskan cengkeramannya. Seol Won tanya apa Bi Dam akan memberi hormat pada ibunya. Seol Won Rang mengantar Bi Dam ke altar Mi shil. Seol Won berkata, Bi Dam pasti heran mengapa perintah Raja Jinheung untuk membunuh Mi shil tetap disimpan. Seol Won berkata bahwa Mi shil berharap Bi Dam akan mendapatkan perintah itu dan Mi shil..Bi Dam memotong bahwa Mi shil berharap untuk memberikan padanya..begitu kan. Bi Dam tanya mengapa. Surat itu dapat mengakhiri semuanya dan mengapa. Seol Won berkata, Mi Shil berharap Bi Dam mewarisi impiannya agar Bi Dam mendapatkan jasa. Ini adalah keputusan Mi shil yang membuatnya mengadakan pemberontakan.

Jika semua tidak berjalan sesuai rencana, maka ini adalah rencana tambahan. Bi DAm : Pada akhirnya ini agar ia menyadari apa yang menjadi mimpi ibu dan setelah itu gagal, maka aku yang harus memunguti dan menyelesaikan semua omong kosongnya.

seol Won menarik baju Bi Dam dan marah karena penghinaan Bi Dam pada Mi shil. Seol Won berkata bahwa Mi Shil, ibunya sudah memberikan mandat langit untuk Bi Dam agar ia mewarisinya, itulah mengapa Mi shil mengakhiri hidupnya dan menahan semua kecurigaan dan penghinaan karena Mi shil ingin memberikan pada Bi Dam haknya untuk naik takhta sebagai Penguasa, Bi Dam untuk takhta. Bi Dam tanya mengapa Mi Shil memberinya hak itu. Seol Won berkata, ini adalah alasan yang sama mengapa Bi Dam tidak menyerahkan perintah kerajaan itu pada Deok Man atau mengumumkannya di depan publik. Bi Dam memandangi altar Mi shil.

Sulit bagi Bi Dam untuk mengerti apa yang dipikir Mi shil. Mengapa orang tidak mengatakan saja apa yang ingin dikatakannya dengan kalimat yang pantas daripada bermain dengan teka-teki seperti ini.

Ratu Maya marah dengan niat Deok Man. Mereka sudah memberontak dan melakukan kejahatan, bagaimana dapat diampuni begitu saja. (Tirza: Ratu sudah pahit hati lama sekali, ia pernah hampir mati gara2 Mi Shil, sigh..). Putri Man Myeong juga setuju. Deok Man berkata jika mereka harus menghukum mati pihak Mi shil, maka mereka harus menghukum mati ribuan nyawa. Mungkin ada sekitar sepuluh ribuan nyawa yang ada dibawah pengaruh Mi shil, dan mereka mungkin adalah sepuluh ribu bakat yang berguna untuk Silla. Apa kita harus menahan dan terbeban dengan kebencian dan penderitaan mereka. Mereka bisa menjadi musuh yang sangat berbahaya. Kim Chun Chu berkata jika mereka mengampuni anak buah Mi shil, ada kemungkinan mereka akan bekerja sama dengan Deok Man. Deok Man berkata ia akan memakai mereka dan akan membujuk mereka dan mengubur perbedaannya, bukankah itu lebih baik.

Deok Man menghadapi kekuatan militer dan berkata ia tidak akan menghukum pihak Mi shil. Mi shil sudah menerima usulannya dan syarat untuk bergabung dengan Deok Man. Mi shil sudah menyerahkan kekuatannya tanpa syarat.

Tapi bagaimanapun ada yang tetap tidak puas dan mau memberontak. Yu shin tanya apa Deok Man..Deok Man membenarkan, ia akan menimpakan kesalahan ini pada Chil Sook dan Seok Bum. Jadi mereka akan menghukum pemberontak di bawah Chil sook dan seok Bum, tapi ia tidak akan menghukum anak buah Mi shil. Bi Dam berlutut di depan altar Mi shil dan ia tanya mengapa..hanya untuk sampai seperti ini.

Kim Seo Hyun minta Deok Man menimbang lagi keputusannya. Kim Yong Chun tanya bagaimana mereka membiarkan kebohongan ini menodai sejarah mereka. Al Cheon berkata mereka harus mengungkap yang sebenarnya kepada publik. Dan menghukum pemberontak sesuai hukum negri ini. Wyol Ya berkata mereka tidak tahu kapan mereka bangkit dan menjadi ancaman untuk Silla. Al Cheon setuju dengan Wyol Ya. Kim Chun Chu tanya apa Putri tidak punya sedikitpun kebencian pada Mi shil?

Deok Man : Diantara kalian yang hadir, siapa yang memiliki kebencian terdalam dengan Mi Shil seperti dirinya. Karena Mi Shil, aku dibuang dari statusku yang sebenarnya dan dikejar selama hidupnya, aku juga kehilangan ibuku, kakakku. Apa kalian pikir aku tidak mau..demi penderitaan ibuku, kakakku mencari keadilan dan menuntut balas. Sekarang Mi shil sudah mati, yang tinggal adalah Silla dan hanya Silla. Semua harus menelan dendam pribadi demi Silla. Yang lalu tidak akan bisa disembuhkan lagi tapi kita harus maju demi masa depan Silla dan tidak menangisi masa lalu.

Deok Man bertemu dengan pihak Mi shil dan berkata mereka sudah menghianati Silla dengan pemberontakan yang membuat Silla dalam bahaya dan resiko untuk Silla dan mengancam keluarga Raja dan ini adalah pelanggaran terberat. Deok Man berkata ia akan menyita semua senjata dan pasukan mereka dan akan menonaktifkan pasukan mereka dari unit militer.

Deok Man menambahkan dalam 10 tahun kedepan, mereka akan diawasi dengan ketat dan setiap gerakan mereka akan dimonitor oleh Menteri Pertahanan. Sekutu Mi Shil heran dengan perkataan Deok Man. Deok MAn berkata ia akan mengampuni mereka dan ia akan membiarkannya. Deok MAn berkata yang akan bertanggung jawab adalah Chil Sook dan Seok Bum. Mereka akan menjadi kambing hitam untuk kejahatan kalian. Syarat untuk tetap hidup hanyalah kalian harus bekerja untuk negri ini sepanjang hidupmu. Seol Won Rang berlutut diikuti Se Jong, Mi saeng, Ha Jong dan Bo Jong. Seol Won Rang bersumpah pada Deok Man, Deok MAn sudah memperlihatkan kemurahan pada mereka, ia bersumpah untuk menghabiskan hidupnya untuk membalas kebaikan Putri. (Tirza: Seol Won hidup hanya untuk Mi shil, ia pasti mau menyiapkan Bi Dam dulu..)

Yeom Jong memuji Deok Man di depan Chun Chu. Jika itu dia ia pasti sudah menghabisi musuhnya. Kim Chun Chu berkata mereka melucuti kekuatan sekutu Mi Shil. Saat ini masih sulit bagi mereka untuk melawan. Yeom Jong membenarkan. Yeom Jong berkata, ia melihat semua ini membuat Kim Chun Chu sedikit menyesal..mengenai musuh ibunya..statusnya..Kim Chun Chu tersenyum, ini baru awal untuknya.

Sebuah papan nama ditempatkan di Hwa Sa Dang : Silla Hwa Rang Musa (pahlawan) Ah Chan Seok Bum. San Tak yang menaruhnya. Tiba2 seseorang menepuk bahunya, ternyata Joo Bang dan anggota resimen Yonghwa Hyang Do. Joo Bang mengambil papan nama itu dan membacanya lalu memberikan pada Go Do dan minta San Tak mengulangnya. Joo Bang berkata ia tahu San Tak akan melakukan ini. San TAk berkata itu bukan apa2. Dia hanya…

Joo Bang berkata San Tak adalah penghianat dan bagaimana ia berani masuk ke Hwa Sa Dang dan memasang papan nama untuk Seok Bum. San Tak menangis, ia berkata selama hidupnya seok Bu sangat bangga menjadi Hwa Rang dan impiannya adalah mendapat papan nama di Hwa Sa Dang. Joo Bang memukul San Tak, bahkan sampai sekarang San Tak tidak bisa membedakan baik dan buruk, dan mengacau, San Tak tidak boleh melakukannya, jika ia terus begini, ini akan membuatnya cepat mati.

Go Do kasihan melihat santak, ia minta Joo Bang melepaskan San Tak untuk kali ini. San Tak menangisi Seok Bum.

Se Jong dll kaget saat Seol Won menyampaikan keinginan Mi Shil untuk Bi Dam. Seol Won membenarkan, Mi Shil sudah tahu dan menyebutkan sebelumnya bahwa Deok Man akan mengampuni dan menjamin nyawa mereka. Mi Saeng berkata jadi untuk mengabdi pada Bi Dam. Se jong berkata ia akan mengundurkan diri dan kembali ke kampung halamannya. Mi saeng dan Ha Jong kaget. Ha Jong mencoba membujuk ayahnya, tapi Se Jong berkata ia lebih baik hidup tanpa jabatan daripada harus dikunyah sedikit demi sedikit seperti daun teh. Se Jong minta urusan ini diberikan pada Seol Won Rang saja.

BiDeok couple,

Bi Dam : Katakan saja apa yang ada di pikiranmu! Deok Man menoleh padanya. Deok Man tanya, Apa Bi Dam memberikan perintah kerajaan itu pada Mi Shil atau hanya ditunjukkan saja pada Mi Shil agar dilihat dan berkata bahwa Bi Dam akan mengumumkannya di depan publik dan memeras Mi Shil dengan ancamannya ini. (ck..ck bener2 sehati DM ama BD..ia tahu persis bo.. ). Bi Dam diam, berarti iya. Deok Man berkata jadi pasti benar, akhirnya orang yang membuat Mi shil berubah pikiran benar adalah Bi Dam.

Mi shil dapat mengambil apa yang ditawarkan dunia padanya tapi ia tidak bisa melawan putranya yang mengancam akan mengatakan di depan publik mengenai perintah kerajaan, tapi juga merasa bersalah pada Bi Dam karena membuat Bi Dam harus memeras Mi Shil, inilah yang membuat Mi shil berubah pikiran. Deok MAn berkata penyesalan Bi Dam bukan hal kecil. Deok Man berhutang budi pada Bi Dam, ia tahu Bi Dam melakukannya untuk dirinya.

Deok Man berkata ia akan meresmikan kemenrian baru, yaitu Si Seong Bu atau Departemen Audit umum atau Kementrian Audit Nasional dan departemen akuntan publik untuk memeriksa dan menyusun laporan independen audit atas Istana dan semua kementrian. Auditor General akan melapor langsung pada Deok Man.

Kim Chun Chu tanya apa tugas Auditor General, tugasnya kata Deok Man, bertanggung jawab untuk memeriksa kementrian dan membuat laporan independen. Kementrian ini akan langsung dibawah perintahnya karena Deok Man memilih kepala departemen sesuai dengan kredibilitas sang Menteri. Kim Yu Shin berkata apa Menteri ini akan mampu mengontrol sekutu Mi shil. Kim Chun Chu berkata Mi Shil sudah menguasai istana lama sekali, apa Kementrian baru ini akan mampu menguasainya. Deok Man berkata mereka benar, itulah ia berencana mengangkat orang yang tepat untuk posisi ini dan dapat menguasai keadaan dan memiliki pengetahuan mendalam mengenai masalah ini.

Kim Chun Chu : Yang dimaksud bukan…Deok Man membenarkan, ia akan mengangkat Seol Won Rang, Bo Jong, Ha Jong dan Yeom Jong sebagai anggotanya Kementrian Auditor Umum. Al Cheon tanya bagaimana mereka bisa mempercayai orang2 ini untuk mengurus departemen ini. Deok Man berkata itulah sebabnya ia perlu orang yang mampu mengatasi mereka sebagai Pemimpinnya.

Bi DAm diluar dan ia ingat perkataan Seol Won Rang bahwa Mi Shil memberikan mandat dari langit untuk Bi Dam..bahwa Mi shil sudah menahan semua penderitaan dan ia juga teringat kata2 Mi shil sebelum meninggal, mengenai cinta. Apa itu cinta. dan bagaimana ia harus mencintai Deok Man. Bi Dam bingung dengan semua pikirannya.

kadorama-recaps
Staf auditor rapat untuk pertama kalinya. Ha Jong tanya bagaimana mereka bisa bekerja dalam departemen dengan pedagang sebagai teman kerjanya. Yeom Jong tanya siapa yang akan memimpin departemen ini. Seol Won Rang berkata mereka akan menunggu kedatangannya. Ha Jong tanya siapa yang akan muncul. Mi Saeng tanya apa Yeom Jong tahu, Yeom Jong menggeleng. Kemudian..Bi Dam masuk dengan kipas menutupi wajahnya seperti Cu Kat Liang atau Zhuge Liang (Sam Kok, wah jadi inget Adam Cheng he..he jadul banget), kemudian ia menggeser kipasnya dan semua kaget karena ternyata itu..Bi Dam. Ha jOng shock! Bi Dam : Biarkan aku mengenalkan diriku, aku Auditor General Bi Dam. Yeom Jong tersenyum.

Kim Yu Shin tanya bagaimana Deok Man dapat mengangkat Bi Dam menjadi Auditor. Al Cheon berkata jika Bi Dam itu anak Mi shil, bagaimana dapat mempercaya Bi Dam untuk sangat dominan dalam kementrian. Deok Man berkata justru karena ia anak Mi Shil, maka ia cocok untuk mengendalikan sekutu Mi shil. Kim Chun Chu tanya apa Deok Man ingin menekan anak buah Mi shil. Deok Man membenarkan dan alasan kedua adalah hanya Bi Dam yang mampu menyatukan anak buah Mi Shil. Kim Chun Chu berkata karena garis keturunan yang sama akan gampang mempercayai dan bergantung satu sama lain dan tidak akan melihat masalah. Deok Man berkata bahwa Bi Dam ada dipihaknya dan bukan pihak Mi Shil. Selama Deok Man ingin menyingkirkan Mi Shil, Bi Dam sudah memberikan bantuan yang penting sehingga Deok Man sukses. Deok Man tanya apa kesetiaan Bi Dam masih mereka pertanyakan ? Deok Man akan menambahkan sesuatu tapi tidak jadi.

Bi Dam menjelaskan tanggung jawab dan tugas2 departemen mereka dan mulai sekarang mereka harus memeriksa semua informasi kementrian di istana, semua institusi istana, dan kementrian dan menyusun laporan. Bi Dam minta mereka melapor setiap hari padanya sekitar pukul 9 – 11 pagi.

Ha Jong tanya apa putri Deok Man minta Bi Dam mengawasi mereka..Bi Dam berkata pada Ha jOng lain kali, kata2 tentang Mi Shil tidak boleh diutarakan lagi didepannya. Ha Jong kesal dan ingin memukul Bi Dam, Mi saeng menenangkan keponakannya. Bi Dam tanya : Siapa yang ada di depan mereka sekarang, apa Mi Shil ? Bukan, tapi dia ..Bi Dam. Karena ini bukan Mi shil, tapi Bi Dam maka mereka harus mengikuti perintahnya, metodenya, keinginannya, dan semua untuknya. Mereka hanya perlu menurut kepadanya. Bi Dam tanya apa mereka sudah mengerti dan menyimak kata2nya.

Kim Chun Chu berkata pada Yu Shin bahwa putri Deok Man mencoba memberikan kekuatan politik pada Bi Dam. (this sweety is smart) Yu Shin tanya apa maksud Chun Chu, Chun Chu berkata Putri Deok Man tidak melanjutkan kalimatnya atas apa alasannya. Kim Chun Chu berkata orang2 seperti dirinya, Yu shin, Al cheon mencoba menekan pengaruh mereka dan tetap seimbang. Putri Deok MAn berniat membiarkan Bi Dam untuk mengambil penugasan ini dan memberinya kuasa dengan tujuan mendukung ini. Yu Shin tanya apa putri Deok Man ingin mereka bersaing. Kim Chun Chu berkata dia akan melakukannya, ia benar2 lain dan berbeda dengan semuanya. Kim Yu Shin ragu apakah Putri akan mempercayai Bi Dam. Kim Chun Chu berkata dia tidak akan pernah mempercayainya. Jika ini kemarin, ia mungkin akan mempercayai Bi Dam. Tapi bagaimanapun mulai saat ini, bukan hanya Bi Dam, tidak peduli siapapun, Putri tidak akan mudah percaya. Kim Chun Chu berkata Putri Deok Man sedang berjalan dalam jalan menuju takhta, ia sudah memulainya.

Kim Yu shin berkata ini benar2 menyedihkan. Kim Yu Shin berkata bahwa Deok Man dulu adalah orang yang sangat mempercayai pengikutnya dan ia sangat menyayangi mereka sepenuh hati dan sekarang ia tidak bisa seperti itu lagi.

Ratu Maya datang dan Deok Man memberi hormat. Ratu MAya berkata besok adalh hari penobatan. Ratu Maya berkata jika Cheon Myeong dapat melihat ini, dia pasti akan sangat bahagia. Ratu Maya berkata dalam hidupnya, sebelum ia pergi ia dapat menjadi saksi dan melihat ini terjadi, ini benar2 kebahagiaan besar.

Deok Man tanya apa yang dimaksud ibunya dengan pergi. Ratu berkata ia tidak bisa membiarkan ayah Deok MAn sendirian disana, ia tidak tahan melihatnya. Ratu Maya akan mengundurkan diri dari hadapan publik. Deok Man kaget dan Ratu berkata mulai sekarang tidak seorangpun yang mampu menjadi tempat bersandar untuk Deok Man.

Saat ini Deok Man harus melindungi Silla, rakyatnya, dan semua yang ia cintai. Tidak ada seorang pun yang akan ada yang akan bertempur untuknya atau menenangkannya jika ia dalam kesakitan. Deok MAn tidak bisa percaya atau tidak mempercayai siapapun. Ratu Maya tanya apa Deok Man sanggup melakukannya. Apa Deok Man sanggup menaklukkan waktu2 saat ia akan merasa kesepian tanpa takut apa Deok Man akan mampu menahan pengucilan itu. Deok Man menenangkan ibunya bahwa ia akan dapat dan ia harus dapat mengatasi itu semua. Ratu Maya mengangguk dan memeluk Deok Man untuk terakhir kalinya.

Deok MAn merenung dan ingat Mi shil berkata ia mungkin mengeksploitasi kehendak langit sedikit tapi Mi shil tidak takut dengan langit…Mi shil tahu betapa kejamnya dunia ini dan ia tidak akan menyerah dalam tekanannya..Mi shil akan memerintah dan melihat orang2 ini tapi ia pasti tidak akan pernah bergantung pada mereka.

Penobatan Ratu

Hwa Rang mempersembahkan tarian bendera dengan formasi dan tari2an. Kim Yong Chun mengumumkan kedatangan Yang Mulia Ratu seon Deok

Kim Yong Chun : Yang Mulia tiba…

Semua hadirin berdiri memberi hormat atas kedatangannya.

Ratu Seon Deok memasuki upacara penobatannya dengan kemegahan seorang Raja diikuti para Hwarangnya, Kim Yu Shin dan Bi Dam, ia melewati Resimen YongHwa Hyangdo. Kemudian ia melihat ke arah tangga menuju takhta dan menaiki anak tangga itu sendirian. Kim Chun Chu dan Ratu Maya berdiri di sampingnya dan ia melihat pada rakyatnya.

Kim Yong Chu : Kita memasuki era baru Silla…Ini adalah Yang Mulia Ratu Seon Deok !

Rakyat berteriak : Hidup Yang Mulia..Hidup Yang Mulia..Hidup..dan bersorak sorai..

Kim Chun Chu dan Ratu Maya tersenyum bahagia sekarang Deok Man adalah Ratu seon Deok. Kim Chun Chu menerimanya, ia akan menggantikannya naik takhta suatu hari nanti. Ratu Seon Deok menaikkan tangannya minta hadirin tenang, semua berlutut di depan Ratu.

Kim Yu Shin : Yang Mulia, hamba akan memberikan pada anda semua yang kumiliki tanpa menahannya.

Bi Dam : Yang Mulia, hamba akan memberikan tanpa keraguan semuanya untuk Anda.

Ratu Seon Deok memiliki mereka semua. Putri Deok Man dinobatkan sebagai Ratu Seon Deok atau Seon Deok Yeo Wang (Raja ke-27, Dinasti Silla, akan memerintah selama 14 tahun.)

Pos ini dipublikasikan di Drama Asia, News by FAN dan tag . Tandai permalink.

3 Balasan ke Sinopsis Sinetron The Great Queen Seon Deok Episode 51

  1. lufita berkata:

    pindah jam tayang dong jadi jam 15.30 klo ga bisa filmnya jangan dipotong-potong oke??

  2. nidariah berkata:

    seruuuuuuuuuuu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s